TREN
24 Juli 2019

Ini 4 Tanda-Tanda Anda Sudah Kecanduan Gadget!

Jangan heran, salah satunya mungkin pernah Moms rasakan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Gadget seperti smartphone atau tablet memang sepertinya sudah menjadi kebutuhan pokok masa kini.

Tidak hanya untuk orang dewasa yang memang membutuhkan gadget untuk keperluan pekerjaan, tapi bahkan anak-anak masa kini sangat suka membawa gadget mereka kemanapun mereka pergi.

Memang gadget menjadi benda yang bisa membantu untuk berkomunikasi atau sebagai ajang hiburan seperti main game atau mendengarkan musik dan video.

Tapi di sisi lain gadget juga bisa berdampak serius lho Moms. Psikolog klinis Dr Jay Watts berkata bahwa gadget bisa mempengaruhi sikap Moms sehari-hari!

Baca Juga: 5 Gadget untuk Mempermudah Tugas Orang Tua Baru

Susan Moeller, seorang profesor psikologi yang juga seorang ilmuwan dari Amerika Serikat juga berkata kalau kecanduan gadget bisa membuat kita mudah panik dan depresi.

Contohnya seperti pernah ada sebuah video yang viral karena sang ibu terlalu asyik bermain gadget, sehingga anaknya jatuh dari sebuah eskalator di sebuah pusat perbelanjaan.

Sebelum hal fatal tersebut terjadi, cek apakah Moms termasuk seseorang yang kecanduan gadget? Berikut tanda-tandanya.

1. Tidak Pernah Lepas Dari Gadget

inbv woman gadgets shutterstock e1428693057317

Foto: belfastvibe.com

Kalau ini sudah menjadi indikator yang sangat mencolok sebagai tanda-tanda Anda sudah kecanduan gadget. Kemanapun Anda pergi pasti selalu ingin membawa gadget, bahkan sampai saat Anda ke kamar mandi. Jika Moms seperti ini, bisa jadi Moms sudah kecanduan gadget.

2. Salah Tingkah

4 Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Menjauhi Gadget Sebelum Tidur

Seseorang yang terlalu sering memantau pesan, sosial media, mendengarkan musik lewat smartphone biasanya akan salah tingkah atau mati gaya kalau lupa membawa smartphone atau kehabisan baterai.

Mereka merasa tidak bisa berekspresi secara real di dunia nyata. Coba lihat siapa yang sangat panik dan salah tingkah saat baterai smartphone mulai lemah, hati-hati kecanduan gadget Moms.

Baca Juga: Mengatur Penggunaan Gadget Sesuai Usia Anak

3. Tidak Tertarik Interaksi Secara Langsung

smiling woman with smartphone and credit card at home girl with telephone and bank card indoors beautiful woman shopping online with credit card easy pay using smart phone or digital gadget bxhah

Foto: videoblocks.com

Ada peribahasa gadget itu mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat, sepertinya betul istilah ini, Moms.

Karena kalau sudah asyik dengan membalas chat atau berselancar di dunia maya pasti akan lupa keadaan sekitar pada saat itu.

Saling berbalas komentar di postingan teman menurut pecandu gadget jauh lebih menarik daripada berinteraksi secara langsung.

4. Produktivitas Menurun

Tidur Cukup Tapi Lelah Sepanjang Hari, Gejala Apa 3.jpg

Terlalu sering memeriksa notifikasi di smartphone juga dapat menurunkan kinerja di kantor lho Moms.

Selalu merespon komentar, sibuk posting atau membalas pesan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan ternyata bisa menurunkan produktivitas Moms.

Kalau deadline sering molor, bisa-bisa dapat surat peringatan lho Moms.

5. Malas

videoblocks young woman in her bed using a smartphone and smiling gadgets in bed a girl uses a mobile phone in the early morning or at bedtime beautiful woman in a light bed typing a message usin

Foto: videoblocks.com

Saat ini banyak sekali ibu-ibu muda yang mengandalkan Asisten Rumah Tangga untuk mengurusi segala pekerjaan rumah.

Baca Juga: Singkirkan Gadget! Ini 7 Manfaat Permainan Tradisional untuk Anak-anak

Sebenarnya sah-sah saja Moms, tapi jangan sampai karena asyik bermain gadget Moms jadi malas melakukan hal-hal sederhana seperti memasak untuk suami atau mengantar anak ke sekolah.

Bagaimanapun juga mereka membutuhkan peran Moms di tengah-tengah mereka. Jadi jangan asyik sama gadget terus ya Moms.

(LMF)

Artikel Terkait