FASHION & BEAUTY
8 Maret 2019

Kenalan Sama Podcast yuk, Apa sih Isinya?

Ada yang sudah tau apa itu Podcast? Yuk kita bahas di sini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ikhda Rizky Nurbayu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu
image41

Di Indonesia sendiri, Podcast belum terlalu populer dan bahkan tidak jarang ada yang paham cara  memanfaatkannya. Tetapi, di Amerika, Australia, dan UK, Podcast sudah cukup umum karena di sana banyak yang mendengarkan.

Podcast adalah sebuah rekaman audio yang bisa didengarkan melalui internet. Mendengarkan podcast ibarat kita sedang mendengarkan radio, namun dengan topik yang lebih beragam dan bisa dipilih sendiri. Ada banyak pilihan podcast yang bisa dipilih sesuai dengan hobi dan minat.

Ukuran setiap episode podcast tidak terlalu besar, hanya sekitar 20 – 40 MB saja untuk durasi sekitar 30 menit sampai 1 jam.

Bagaimana Cara Mendengarkan Podcast

podcasts

Moms bisa menggunakan smartphone, laptop, atau komputer sebagai sarana untuk mendengarkan Podcast. Moms bisa mendengarkannya dari banyak platform seperti Spotify, SoundCloud, YouTube, TuneIn, dan lainnya.

Tidak seperti video yang mengharuskan mata kita menatap ke layar, mendengarkan podcast hanya berupa rekaman suara berbentuk audio saja, sehingga bisa dinikmati tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

Apalagi, Podcast tidak harus didengarkan secara live atau streaming, karena Moms bisa mengunduhnya dan mendengarkannya di kemudian hari selayaknya lagu. Sehingga, Moms bisa mendengarkan Podcast favorit saat memasak, mengerjakan tugas, di perjalanan, sambil berolahraga, dan berbagai kegiatan lainnya.

Baca Juga: Mau Siaran Live? Coba Dulu Aplikasi Broadcast Ini

Pilihan Podcast Indonesia

podcast2

Di Amerika banyak artis yang sudah memiliki Podcast, seperti Gwyneth Paltrow, Kendal Jenner, Anna Faris, Snoop Dogg, Amy Schumer, Alec Baldwin, Russell Brand, dan selebriti lainnya. Sedangkan di Indonesia masih jarang selebriti yang memiliki podcast.

Namun ada sejumlah Podcast yang sudah memiliki banyak pendengar setia dan mungkin Moms bisa mencoba mendengarkannya juga, seperti:

1. Podcast Awal Minggu

Ini milik stand-up komedian Adriano Qalbi. Rata-rata durasi dari satu episode sekitar satu jam. Sesuai dengan namanya, Podcast ini bisa didengarkan setiap awal minggu.

Podcast Awal Minggu membahas berbagai macam hal, mulai dari hiburan, sosial, dan pekerjaan.

2. Podcast Ibu-Ibu Yacult

Podcast ini milik Marchella FP (founder Generasi 90-an) dan Maria Juliana. Isinya seputar perbincangan keseharian Ibu-Ibu, seperti fashion, cara diet, dan lebih khususnya membahas pemberdayaan wanita yang mempunyai berat badan di atas rata-rata.

3. Podcast Subjective

Podcast milik Iqbal Hariadi ini membahas isu-isu sosial, anak muda, media sosial, dan isu lainnya yang dikupas secara subjektif seperti judulnya.

Tidak jarang, podcast ini sering mengundang tamu untuk membahas topik yang ringan sampai yang berat, seperti masalah politik.

Baca Juga: Yuk Nonton TV Online Lewat 5 Layanan Streaming Ini

Masih banyak pilihan Podcast Indonesia yang bisa Moms dengarkan, seperti podcast In A Jakarta Minute, Besok Senin, AppsCoast, Curhat BaBu (Bapak & Ibu), dll.

Yuk Moms, mulai coba dengarkan podcast! Atau ada yang sudah mendengarkan podcast? Share di sini favorit Moms ya.

(IRN/ PAS)

Artikel Terkait